Depresi dan Diabetes pada Wanita Tingkatkan Risiko Jantung

Posted: January 4, 2011 in Berita Dalam Negeri, Kesehatan

Depresi dan diabetes yang dialami wanita sedikitnya selama enam tahun dapat menaikkan risiko kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung dan sebab lainnya.

Penelitian yang dirilis bulan ini dalam jurnal Archives of General Psychiatry meneliti 78.282 wanita berumur antara 54 hingga 79 tahun pada 2000. Wanita-wanita ini dikelompokkan dalam kategori mengalami depresi jika memiliki index measuring depressive symptoms yang tinggi. Sedangkan wanita lainnya dianggap menderita diabetes melalui kuisioner.

Selama enam tahun penelitian, sebanyak 4.654 wanita di antaranya meninggal. 979 di antaranya meninggal karena penyakit jantung. Dibandingkan dengan wanita lain yang tidak mengalami depresi maupun diabetes, mereka yang mengalami depresi mengalami kenaikan risiko kematian sebesar 44 persen. Sedangkan wanita yang mengalami diabetes mengalami kenaikan 35 persen risiko kematian. Wanita yang memiliki depresi dan diabetes akan mengalami dua kal lipat risiko kematian.

“Depresi berkaitan dengan kontrol glycemic (gula) yang buruk, naiknya risiko komplikasi diabetes, dan buruknya manajemen diabetes oleh pasien serta isolasi dari jaringan sosial,” kata An Pan, Ph.D. dari Harvard School of Public Health Boston.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s